DPPKB Makassar Target 5.120 PSA Jelang HARGANAS Ke-31

Dinas Pengendaliam Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Makassar melakukan pelayanan fasilitas kesehatan (faskes) secara serentak di Kota Makassar menjelang peringatan Hari Kelurga Nasional (Harganas) yang ke-31.

Pelaksanaan pelayanan faskes dimulai pada tanggal 4 Juni 2024, hingga batas waktu penginputan hasil pelayanan 11 Juni 2024. Kegiatan bertujuan untuk mencapai target 5.120 Pelayanan Sejuta Akseptor

DPPKB Kota Makassar mengundang seluruh pasangan usia subur agar dapat memanfaatkan pelayanan KB yang telah disediakan di semua faskes, termasuk puskesmas, rumah sakit, klinik, dan tempat pelayanan kesehatan lainnya.

Tujuan utama dari pelayanan ini kata Penata Kependudukan KB Ahli Muda DPPKB Kota Makassar Marsita, S.Si, Apt, kegiatan tersebut untuk meningkatkan capaian program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Pelayanan KB ini sangat penting untuk memastikan setiap keluarga memiliki akses terhadap informasi dan layanan KB, sehingga dapat merencanakan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga akan diberikan layanan Metode Operasi Wanita (MOW) kepada 15 akseptor sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan kesehatan reproduksi bagi masyarakat.

Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat  Kota Makassar dapat lebih menyadari pentingnya keluarga berencana dan memanfaatkan layanan yang tersedia untuk kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan.

Pelayanan KB ini melibatkan berbagai pihak, antara lain Kader KB, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), penyuluh KB, dokter, serta seluruh tenaga kesehatan dan (TP PKK) Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =