Plt. Kadis PPKB membuka kegiatan orientasi modul “1001 Cara Berbicara Orang Tua pada Anak”

Makassar || Gempar-news – Para orang tua diharapakan mendapat pemahaman yang baik tentang pentingnya peranan orang tua terhadap cara berkomunikasi yang efektif terhadap anak anak.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Makassar, Syahruddin S.sos., Adm.Pem, yang secara resmi membuka kegiatan orientasi modul “1001 Cara Berbicara Orang Tua pada Anak” beberapa waktu lalu (27/11/2023).
Acara tersebut dihadiri peserta dari tiga kecamatan di Kota Makassar, yaitu Mamajang, Makassar, dan Bontoala. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya DPPKB Kota Makassar dalam memberikan pemahaman dan keterampilan kepada orang tua dalam berinteraksi dengan anak-anak mereka, sekaligus memperkuat hubungan yang sehat dan membangun lingkungan keluarga yang harmonis dan mendukung perkembangan anak-anak dengan baik.

Para peserta mendapatkan sejumlah materi diantaranya tentang prinsip prinsip komunikasi yang mencakup komunikasi verbal dan non verbal, pertukaran pesan atau ide, serta tujuan komunikasi untuk mencapai solusi. Selain itu juga terkait tantangan komunikasi pada remaja, seperti sikap atau perilaku yang sering dikeluhkan, remaja yang bersikap tertutup atau memberontak/melanggar/menolak aturan.

Orientasi ini juga memaparkan tujuan komunikasi, yang meliputi: membangun hubungan, menumbuhkan rasa percaya, memberikan bantuan/layanan, pertukaran informasi, memberikan bimbingan, serta menyelesaikan konflik dengan mencari solusi.

Seluruh materi tersebut diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya cara berkomunikasi yang efektif dengan anak-anak mereka, terutama dalam menghadapi tantangan yang sering terjadi pada remaja.

Dengan berbagai tips, teknik, dan penyelesaian masalah yang disampaikan, diharapkan para orang tua dapat lebih memahami dan mendekati anak-anak mereka dengan komunikasi yang lebih baik serta dapat membantu dalam mengatasi konflik yang mungkin timbul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *